Syariah Expo 2015 & Olimpiade Ekonomi Islam

Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam STAIN Curup mengadakan kegiatan Syari’ah Expo 2015 yang diawali dengan seminar Nasional UKM KSEI FoKES (Forum Kajian Ekonomi Syari’ah) dengan Tema “Membuka Pintu Rezeki Melalui Bisnis Islam Kreatif’ oleh Bapak Akbar Zainudin selaku Owner EMJEWE Training & Consulting Penulis Buku Best Seller “Man Jadda Wajada” pada tanggal 2 Mei 2015. Acara ini dihadiri oleh segenap anggota Jurusan dan Keprodian Syari’ah serta Mahasiswa dan Pelajar Sesumbagsel. Seminar ini intinya membahas tentang Motivasi dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya dengan bisnis secara Islam.

Acara Syari’ah Expo ini berlangsung dari tanggal 02 Mei dampai dengan 07 Mei 2015. Tidak hanya Seminar Nasional akan tetapi diikuti dengan acara Bazar Islam dan Olimpiade Ekonomi Islam yang semua itu diikuti oleh mahasiswa mahasiswi Jurusan Syari’ah, Ekonomi Islam STAIN Curup dan Mahasiswa dan Pelajar Sesumbagsel.

Acara ini takkan berlangsung tanpa campur tangan dari M. Yogi Bahari sebagai ketua panitia, Anggi Irawan sebagai ketua FoKES, pembina Fokes yaitu Bapak Noprizal, M.Ag dan dukungan dari STAIN Curup, Jurusan Syari’ah dan Ekonomi Islam, Prodi Perbankan Syari’ah, Fosei Sumbagsel. Acara ini di sponsori oleh Bank Bi dan Bang BRI juga bekerja sama dengan BETV serta beberapa sponsor lainnya, seperti Profider Selular 3 tri, dan masih banyak lainnya.

Bapak Noprizal, M.Ag selaku pembina Fokes menuturkan bahwa memang acara ini sudah menjadi agenda tahunan Fokes. Beliau berharap dengan acara seperti ini bisa membuka fikiran kita tentang bisnis dan tentunya membakar semangat kita.

Sebagai motivato dalam acara ini sekaligus sebagai penulis buku best seller yang berjudul “Man Jadda Wajada” Bapak Akbar Zainudin menuturkan bahwa ada 5 cara untuk memulai usaha :

1. Mulai dengan niat

Menurutnya bahwa segala sesuatu yang akan kita lakukan itu harus dimulai dengan niat, karena jika tidak ada niat semuanya tidak akan berjalan. Niatnya itu harus yang baik-baik dan kita harus yakin dengan niat kita.

2. Buat daftar list untuk bermimpi

Cobalah untuk memulai membuat daftar list untuk bermimpi agar kita tau batas dan tau mana saja yang sudah dicapai dan juga bisa memberikan kita kesadaran untuk tidak berleha-leha dan membuang waktu itu juga membuat kita lebih semangat untuk menggapai mimpi kita satu persatu.

3. Berani memilai tanpa takut akan modal

Percuma ada daftar list mimpi tetapi tanpa berani memulai bukan? Maka dari itu yang ke 3 yang harus kita punya untuk membangun usaha adalah berani mencoba, tidak semua orang bisa punya keberanian. Banyak orang yang punya banyak mimpi tetapi tidak berani mencoba. Semuanya itu harus ada awal dan awalnya ya ini “Berani Mencoba”.

4. Kenali peluang dan berani mengambil resiko

Setelah berani memulai kita juga perlu mengenal peluang yang ada, ini menjadi trik kita, kita bisa kenali peluang dengan cara survei dan melihat dahulu siapa-siapa saja saingan kita dan apa-apa saja yang harus kita persiapkan. Kita juga harus berani mengambil resiko, karena dalam hidup ada 2 pilihan, yang pertama mengambil resiko dan yang kedua menerima resiko. Dalam memulai usaha kita perlu yang namanya mengambil resiko dan jangan pernah ragi-ragu untuk itu.

5. Hancurkan mental blok

Dengan kita yakin dan kita berani memulai usaha otomatis tanpa disadari kita telah memecahkan / menghancurkan mental blok lawan kita. Jika itu berhasil, maka saya katakan bahwa kita telah hampir berhasil.

Acara Syari’ah Expo ini tidak hanya seminar akan tetapi diikuti dengan bazar Islam dan Olimpiade Ekonomi yang diikuti oleh mahasiswa dan pelajar se sumbagsel. Dalam hal ini mahasiswa membuat stan yang isinya berbagai jenis makanan dan lain-lain. Banyak mahasiswa dari jurusan lain di STAIN Curup turut serta merayakan acara yang hanya diadakan setahun sekali ini. Olimpiade Ekonomi ini pun tidak kalah yaitu diikuti oleh mahasiswa dan pelajar Se Sumbagsel, ini membuktikan bahwa ilmu ekonomi ini diperlukan dalam kehidupan sehari-hari

Dari rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan, berikut adalah daftar pemenang lomba Syari’ah Expo dan Olimpiade Ekonomi Islam STAIN Curup Tahun 2015 :

NO. LOMBA JUARA PEMENANG
1 ESSAY KATEGORI UMUM I Fitria Ramadani
ESSAY KATEGORI UMUM II Puja Kusuma
ESSAY KATEGORI UMUM III Wahyuna Marinda
ESSAY KATEGORI KHUSUS I Oktaria Ade Putri
ESSAY KATEGORI KHUSUS II Rendra Anjasmara
ESSAY KATEGORI KHUSUS III Yanti   Maya Sari
2 STAND UP COMEDY EKONOMI ISLAM UMUM I Riskan Pramudana
STAND UP COMEDY EKONOMI ISLAM UMUM II Nanda Kurnia Pradana
STAND UP COMEDY EKONOMI ISLAM UMUM III Kresna Hadhinata
STAND UP COMEDY EKONOMI ISLAM KHUSUS I Oka Kurniawan
STAND UP COMEDY EKONOMI ISLAM KHUSUS II David Yosep
STAND UP COMEDY EKONOMI ISLAM KHUSUS III Hari Kristanto
3 BAZZAR I PS 6 A (Tema: Yogyakarta)
BAZZAR II PS 8 A (Tema: Bali)
BAZZAR III PS 4 B (Tema: Bengkulu)
BAZZAR HARAPAN I PS 4 C (Tema: Bandung)
BAZZAR HARAPAN II PS 4 A (Tema: Sumatera Barat)
BAZZAR HARAPAN III PS 6 C (Tema: Palembang)
BAZZAR PESERTA PS 4 D (Tema: Palembang)
BAZZAR PESERTA PS 6 B (Tema: Jawa Timur)
BAZZAR PESERTA PS 2 C (Tema: Yogyakarta)
BAZZAR PESERTA PS 8 C (Tema: Sumatera Barat)
BAZZAR PESERTA PS 2 A (Tema: Bandung)
4 DEBAT EKONOMI ISLAM I Anggi Irawan
DEBAT EKONOMI ISLAM I Frezan Alfani
DEBAT EKONOMI ISLAM I M. Mukhsin
DEBAT EKONOMI ISLAM II Yosi Permata Sari
DEBAT EKONOMI ISLAM II Nopita Tri Nanda
DEBAT EKONOMI ISLAM II Ayu Utami Ningsih
DEBAT EKONOMI ISLAM III Dedi Priyanto
DEBAT EKONOMI ISLAM III Nori Anggraini
DEBAT EKONOMI ISLAM III M. Iqbal
5 CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM I Aggun Selvi Okta Yuni
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM I Hariyanto
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM I Oka Kurniawan
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM II April Yanda Hadi Satria
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM II Oktaria Ade Putri
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM II Yanti Maya Sari
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM III Fitriawanti
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM III Rizal Efendi
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM III Wini Eka Triana
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM HARAPAN Muhammad Arif Ramadhan
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM HARAPAN Rara Agni Fitriana
CERDAS CERMAT EKONOMI ISLAM HARAPAN Faisal Digdoyo
JUARA UMUM SPEARS

One Response to Syariah Expo 2015 & Olimpiade Ekonomi Islam

  1. Hardi Vizon says:

    Kegiatan yang patut didukung dan terus disemarakkan.
    Semoga di tahun-tahun berikutnya bisa lebih baik dan sukses.. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Please answer the question bellow before submitting your comment *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>